Jual Obat Aborsi Tuntas

Obat Aborsi Tuntas

Kenapa Tindakan Aborsi harus Diambil?

sebenarnya aborsi itu? Berbahayakah untuk kesehatan? Apakah bisa menyebabkan kemandulan? Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan terkait tindakan aborsi. Mungkin disini tidak dibahas secara detail tentang cara aborsi namun akan lebih fokus pada apa itu definisi aborsi dan apa saja jenis-jenis aborsi yang biasa terjadi di sekitar kita.

jenis aborsi

Aborsi berasal dari kata asal Abortion dalam bahasa Inggris yang berarti keguguran atau pengguguran kandungan. Kata Abortion sendiri berasal dari bahasa Latin Abortus dengan arti yang sama. Secara umum pengertian aborsi adalah proses penghentian kehamilan yang dilakukan karena sesuatu alasan, sebelum hasil konsepsi mampu bertahan hidup di luar kandungan.  Berdasarkan alasan masing-masing, berikut ini jenis-jenis aborsi yang perlu diketahui.

Aborsi Secara Spontan

Spontaneous Aborsi adalah keguguran kehamilan melalui proses yang tidak disengaja, yaitu keluarnya embrio akibat kecelakaan atau penyebab alami yang lain. Hal ini menyebabkan terhentinya kehamilan sebelum usia kehamilan masuk minggu ke 22. Jenis aborsi spontan ini terjadi secara alamiah, tidak ada campur tangan atau keterlibatan manusia.

Berdasarkan keluarnya hasil konsepsi, Spontaneous Abortion dibagi menjadi 3 yaitu:

  • Abortus Incompletus

Ini adalah keluarnya hasil konsepsi pada usia kehamilan sebelum 20 minggu dan masih ada sisa-sisa embrio dalam uterus yang tertinggal. Biasanya aborsi ini ditandai dengan perdarahan cukup banyak namun tidak berakibat fatal. Satu-satunya pengobatan hanya dengan di kuret.

  • Abortus Completus

Ini adalah proses aborsi dimana janin atau embrio keluar dari rahim secara keseluruhan. Kondisi ini tidak perlu tindakan pengobatan karena seluruh hasil konsepsi sudah keluar dengan sendirinya.

  • Missed Abortion

Ini merupakan kondisi dimana janin atau embrio telah mati, namun tidak bisa keluar dari rahim selama kurang atau lebih dari 8 minggu. Biasanya perempuan tidak merasakan gejala apapun selain tidak mendapatkan haid.

Aborsi Secara di Sengaja

Jenis-jenis aborsi yang kedua yaitu Abortus Provocatus. Ini merupakan proses pengguguran kandungan yang dilakukan secara sengaja dengan alasan tertentu. Menurut alasannya, jenis Abortus Provocatus dibagi menjadi 3 yaitu:

  • Abortus Therapeuticus

Abortus Therapeuticus merupakan cara pengguguran kandungan ketika janin belum mampu bertahan hidup. Biasanya tindakan ini diambil untuk keselamatan si ibu. Tindakan ini biasanya diambil berdasarkan alasan:

  1. Threatened Abortion (aborsi yang mengancam)
  2. Mola Hidatidosa (hidramnion akut)
  3. Unsafe Abortion (terjadi infeksi pada rahim karena aborsi tidak aman pada kehamilan sebelumnya)
  4. Penyakit ganas (misalnya kanker serviks, kanker payudara, atau penyakit lain di saluran jalan lahir)
  5. Prolaps Uterus Gravid (aborsi dimana posisi rahim turun karena tekanan intra-abdomen)
  6. Melahirkan melalui proses caesar lebih dari 2 kali
  7. Beberapa penyakit bawaan dari perempuan yang mengandung (penyakit jantung organic atau kegagalan jantung, radang ginjal atau nephritis, tuberculosis paru, atau toksemia gravidarum atau keracunan kehamilan yang berat)
  8. Beberapa penyakit metabolic (seperti diabetes yang disertai komplikasi hipertiroid, vaskuler, dsb)
  9. Epilepsy
  10. Hiperemesis Gravidarum (muntah-muntah yang menyebabkan perempuan mengalami penurunan berat badan secara drastis)
  • Eugenic Abortion

Ini merupakan cara aborsi yang dilakukan pada janin yang diketahui cacat dalam kandungan. Sebelum dilakukan tindakan aborsi dokter benar-benar harus memastikan kondisi janin melalui beberapa pemeriksaan intensif.

  • Abortus Non-therapeticus

Tindakan aborsi ini umumnya dilakukan dengan sengaja tanpa memperhatikan kondisi janin atau tanpa ada indikasi medic (ilegal). Adapun perempuan yang biasanya memilih abortus non-therapeticus memiliki sejumlah alasan seperti belum siap menjadi orang tua, kehamilan karena kekerasan seksual, atau belum siap berumah tangga secara psikis dan ekonomi.

Nah, dari jenis aborsi yang kita bahas diatas, dapat disimpulkan bahwa aborsi bukan semata-mata tindakan ilegal yang harus selalu dipandang negatif. Namun kadang ada alasan-alasan tertentu dimana tindakan aborsi terpaksa harus diambil.

Incoming search terms:

  • berat badan turun karena aborsi
  • pertanyaan tentang aborsi bahasa inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jual Obat Aborsi Tuntas © 2017