Jual Obat Aborsi Tuntas

Obat Aborsi Tuntas

Panduan Aborsi Aman Berdasarkan Rekomendasi WHO

Saat ini perkembangan dunia teknologi mengalami evolusi cukup mencolok, salah satunya dibuktikan dari tersedianya layanan aborsi aman di berbagi belahan dunia. Meski demikian lebih dari 20 juta kasus aborsi tidak aman masih terjadi setiap tahun, dengan rincian tak kurang dari 5 juta perempuan diantaranya mengalami morbiditas dan 47 ribu meninggal akibat aborsi tidak aman.

Sejatinya baik kasus morbiditas maupun kematian karena aborsi dapat dicegah dengan sosialisasi, kontrasepsi, pendidikan seksual, serta layanan aborsi legal, dan yang tak kalah penting panduan aborsi aman secara teknis. Di beberapa negara maju hak aborsi aman sudah tersedia secara legal dan dapat dipenuhi atas permintaan perempuan, mudah diakses oleh semua perempuan tanpa memandang status sosial.

Sebaliknya di negara-negara tertentu, dimana tidak tersedia layanan aborsi atau terkendala oleh hukum, aborsi aman hanya menjadi hak orang kaya. Sementara perempuan miskin hanya sedikit punya kesempatan mendapat layanan aborsi aman sehingga memiliki risiko kematian dan morbiditas lebih besar. Secara garis besar hampir 100% aborsi tidak aman terjadi di sejumlah negara berkembang sejak tahun 2000.

Mengingat kondisi yang serba sulit dan cenderung diskriminatif terkait layanan aborsi yang aman, maka untuk melindungi hak kesehatan perempuan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan “Aborsi Aman: Panduang Teknis dan Kebijakan dalam Sistem Kesehatan” pada Juni 2012 silam.

panduan aborsi aman

Panduan aborsi aman ini merupakan edisi kedua dari panduan sebelumnya yang telah diterbitkan tahun 2003. Pada panduan aborsi terbaru ini WHO mengeluarkan sejumlah rekomendasi yang nantinya dapat digunakan oleh Menteri kesehatan, dan Manajer Progam, serta penyedia layanan aborsi legal di seluruh dunia. Secara spesifik, panduan yang terbit 2012 ini mengintegrasikan secara perspektif terhadap Hak Azasi Manusia (HAM) dalam misi memberikan layanan aborsi aman dan komprehensif.

Aborsi Aman dengan Obat Misoprostol

Seperti yang telah sering kita bahas, aborsi adalah hak setiap perempuan untuk mendapatkan layanan kesehatan. Salah satu layanan yang direkomendasikan oleh WHO adalah aborsi aman aspirasi vacuum serta menggunakan obat yang mengandung Misoprostol atau Mifepristone.

Obat Misoprostol pada awalnya diproduksi untuk mengatasi penyakit lambung, seperti tukak lambung maupun asam lambung. Namun kandungan Misoprostolnya terbukti efektif menghentikan kehamilan sehingga lebih dikenal sebagai obat aborsi paling aman.

Di apotik ada beberapa merek dagang obat yang mengandung Misoprostol. Merek dagang tersebut diantaranya Cytotec, Citrosol, Noprostol, Chromalux dan Gastrul. Obat Misoprostol sebenarnya bukan obat yang mahal, namun harga yang cukup tinggi belakangan dipengaruhi oleh kelangkaan obat ini. Untuk merek Cytotec, obat ini dapat disimpan selama bertahun-tahun karena dikemas dalam kemasan strip yang tahan panas.

Obat Aborsi Misoprostol dapat bekerja maksimal meggugurkan kandungan apabila diikuti dengan dosis yang tepat serta disesuaikan dengan usia kehamilan. Sedangkan keunggulan Misoprostol lainnya, obat ini dapat digunakan secara mandiri tanpa melibatkan pihak lain. Dengan demikian kerahasiaan tetap terjaga. Komplikasi aborsi bisa saja terjadi namun kemungkinannya hanya 1% sehingga tidak membahayakan keselamatan perempuan jika mendapat penanganan yang tepat.

Apakah setelah melakukan aborsi aman dengan Misoprostol perempuan masih bisa hamil lagi?

Tentu saja masih bisa. Bahkan maksimal 3 minggu setelah perempuan melakukan aborsi, ia sudah mendapatkan kembali kesuburannya. Ini karena selain menghentikan kehamilan, Misoprostol juga mampu membersihkan rahim dari darah dan embrio yang tersisa. Disini sangat disarankan untuk tetap menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan, meskipun belum lama melakukan aborsi. Tentunya untuk mencegah kehamilan jika memang belum dikehendaki.

Incoming search terms:

  • rekomendasi yg telah melakukan aborsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jual Obat Aborsi Tuntas © 2017