Jual Obat Aborsi Tuntas

Obat Aborsi Tuntas

Memahami Berbagai Sisi Aborsi. Bagaimana Konsekuensi Hukumnya?

Tak hanya dari sisi psikologis, namun aborsi menyimpan risiko yang tidak main-main dari sisi medis, apalagi jika dilakukan dengan metode yang salah. Meski begitu seorang wanita memiliki alasan yang kuat mengapa harus melakukan aborsi terhadap kehamilannya.

Kehamilan akibat kekerasan seksual (pemerkosaan), masalah ekonomi, tidak adanya support dari keluarga, bermasalah dengan pasangan, atau mendapat tekanan sosial akibat hamil di luar nikah adalah alasan paling rasional wanita terpaksa melakukan aborsi.

Memahami berbagai sisi aborsi memang penting, terlepas sanksi hukum yang menanti karena bagaimanapun aborsi adalah tindakan ilegal.

Sanksi Hukum Aborsi

Sanksi hukum telah menanti bagi siapa saja yang melakukan aborsi secara sengaja, KECUALI pada kondisi tertentu. Misalnya kehamilan membahayakan kesehatan wanita yang sebelumnya sudah menderita penyakit kronis.

Di Indonesia sendiri jelas sanksi hukum ini tertuang dalam UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, juga Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang menyatakan semua orang dilarang melakukan aborsi.

Memahami Berbagai Sisi Aborsi

Berdasakan Pasal 75 Undang-Undang Kesehatan, ada dua kondisi yang dikecualikan atau aborsi diperbolehkan. Yang pertama dipandang dari sisi medis bahwa kehamilan mengancam keselamatan ibu atau janin menderita cacat genetika berat. Sedangkan kondisi kedua yang dikecualikan yaitu kehamilan terjadi karena kekerasan seksual yang menyebabkan wanita mengalami trauma berat.

Nah, tindakan aborsi yang tidak termasuk dua pengecualian tadi adalah ilegal. Hal ini sebagaimana tercantum pada Undang-Undang Kesehatan Pasal 194 dimana tertulis, siapapun yang terlibat tindakan aborsi diancam pidana penjara maksimal 10 tahun dan denda maksimal Rp 1.000.000.000 (satu milyar).

Sementara itu dalam Peraturan Pemerintah No. 61 Tahun 2014 mengenai Kesehatan Reproduksi (UU Kespro) sebagai aturan pelaksana Undang-Undang Kesehatan yang memuat tentang kondisi aborsi secara khusus (aborsi karena pemerkosaan).

Adapun syarat-syarat untuk aborsi akibat pemerkosaan ini, sebagaimana tercantum pada Pasal 31, bahwa aborsi hanya bisa dilakukan untuk usia kehamilan maksimal 40 hari terhitung hari pertama haid terakhir (harus ada surat keterangan dari dokter). Syarat lainnya, harus ada keterangan resmi dari psikolog, penyidik, atau ahli lainnya yang membenarkan bahwa pelaku aborsi telah mengalami pemerkosaan.

Metode Aborsi

Secara umum tindakan aborsi dilakukan dengan dua tindakan, medical abortion (aborsi dengan obat-obatan) dan surgical abortion (aborsi dengan cara operasi). Keduanya memiliki efektivitas yang sama untuk kehamilan trimester pertama. Sementara untuk aborsi masa kehamilan trimester kedua dan ketiga hanya bisa dilakukan dengan metode operasi karena lebih aman.

Metode aborsi dengan obat prinsip kerjanya yaitu menghalangi hormon progesterone. Karena lapisan rahim menjadi tipis maka janin dalam rahim tidak bisa terus tumbuh. Efek obat dari metode medical abortion ini menyebabkan rahim berkontraksi. Efeknya embrio dikeluarkan secara paksa melalu vagina.

Sementara itu untuk metode aborsi operasi atau surgical abortion yang paling banyak dilakukan adalah dengan aspirasi vakum. Alat yang biasa digunakan yaitu Manual Vacuum Aspiration (MVA) dengan syringe untuk mengeluarkan embrio secara manual dan Electric Vacuum Aspiration (EVA) yang menggunakan pompa listrik. Khusus untuk aborsi usia kehamilan diatas 12 minggu biasanya menggunakan metode operasi dengan alat Dilation and Evacuation (D&E). Sistem kerja alat ini dengan membuka leher rahim kemudian menyedot janin dari dalam rahim.

Dengan memahami berbagai sisi aborsi, termasuk konsekuensi hukum dan metode aborsi yang digunakan maka angka kematian akibat aborsi sedikit banyak bisa ditekan. Yang perlu digarisbawahi, aborsi berisiko menyebabkan komplikasi jika tidak ditangani secara benar. Untuk itu gunakan metode yang benar-benar tepat.

Incoming search terms:

  • sisi positif dari aborsi
  • positif aborsi
  • sisi positif aborsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jual Obat Aborsi Tuntas © 2017