Jual Obat Aborsi Tuntas

Obat Aborsi Tuntas

Apa Saja Manfaat Renang Saat Hamil? Ini Penjelasannya

Manfaat Renang Saat Hamil – Kondisi hamil membuat wanita banyak mengurangi aktivitas harian mereka. Namun begitu tak lantas semua aktivitas fisik berhenti total. Misalnya olahraga. Justru ada beberapa olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk wanita hamil, salah satunya berenang.

Berenang termasuk olahraga yang relatif aman untuk wanita hamil. Namun harus dipastikan kehamilannya dalam kondisi sehat. Intinya risiko cidera dari berenang cukup rendah sebab hanya membutuhkan beberapa gerakan ringan sehingga tetap aman untuk kehamilan.

Hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan wanita hamil saat melakukan olahraga ini. Apa saja itu?

Manfaat Olahraga Renang untuk Kehamilan

Ada beberapa manfaat berenang saat hamil, diantaranya untuk menjaga kebugaran tubuh suapaya janin dalam kandungan tetap sehat. Secara spesifik, berikut ini manfaat olahraga renang bagi ibu hamil:

  • Meningkatkan fungsi organ tubuh seperti jantung dan paru-paru
  • Mengatasi kelelahan
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Membuang retensi atau cairan pada jaringan tubuh yang menumpuk
  • Membakar kalori menjadi energi
  • Mengatasi insomnia
  • Meredakan nyeri saat hamil
  • Meningkatkan kekuatan otot dan imunitas tubuh

Apa yang Harus Diperhatikan Wanita Hamil Saat Berenang?

Terlepas dari manfaat berenang saat hamil 8 bulan, sebenarnya ada satu hal yang ditakutkan wanita hamil saat berenang yaitu klorin. Konon klorin yang terdapat pada air kolam renang dapat membahayakan kesehatan baik janin maupun ibu hamil itu sendiri. Meski begitu sampai sekarang belum ada bukti otentik yang menunjukkan bahwa kandungan klorin di kolam renang menyebabkan keguguran atau cacat lahir pada bayi. Namun jika masih ragu-ragu tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan sebelum melakukan olahraga ini secara rutin.

manfaat berenang saat hamil

Untuk menjaga supaya kehamilan tetap aman, penting untuk melakukan peregangan otot baik sebelum atau sesudah berenang. Sebaiknya memilih gaya renang yang relatif aman supaya tidak terjadi cidera leher dan otot bagian belakang.

Bagi wanita hamil, gaya renang yang cocok adalah gaya dada. Dibilang cocok dan aman karena gaya ini tidak membutuhkan gerakan memutar tubuh terutama bagian perut. Demikian juga ketika masuk ke air dan menyelam sebaiknya berhati-hati. Yang paling penting, hindari lompatan yang berisiko menciderai kehamilan.

Tips-tips Aman Berenang Menurut Usia Kehamilan

Gerakan pemanasan dan pendinginan sangat penting dilakukan sebelum berenang. Mengingat karena dalam kondisi hamil, gerakan renang sebaiknya dilakukan perlahan dan ekstra hati-hati. Pastikan mengonsumsi cukup minuman supaya terhindar dari dehidrasi dan kelelahan.

Selain kondisi fisik yang harus fit, suhu air kolam juga wajib diperhatikan. Khusus bagi wanita hamil suhu normal air kolam harus dipastikan tidak lebih dari 32 derajat Celsius. Kabar baiknya hampir semua kolam renang memiliki suhu rata-rata dibawah 32 derajat Celsius, kecuali kolam renang pribadi yang suhu airnya bisa diubah-ubah sesuai keinginan pemiliknya.

Ada tips aman berenang untuk wanita hamil sesuai usia kehamilan yang dibagi menjadi trimester pertama, kedua, dan ketiga. Berikut penjelasannya di https://jualobattuntas.com :

  • Trimester I

Untuk membuat tubuh lebih berenergi dan mencegah mual pada usia kehamilan trimester pertama, direkomendasikan berenang di pagi hari. Untuk usia kehamilan ini masih diperbolehkan melakukan beberapa variasi gerakan atau gaya renang supaya tetap nyaman dan menyenangkan.

  • Trimester II

Meski pada trimester kedua perut sudah terlihat membesar, olahraga renang masih bisa dilakukan, namun harus lebih berhati-hati. Gunakan gaya punggung terutama saat mengapung di air. Gaya ini relatif aman karena aliran darah tidak terganggu. Berbeda halnya jika mengapung dengan tubuh telentang yang berisiko menghambat sirkulasi darah.

  • Trimester III

Berbeda dari trimester pertama dan kedua, pada usia kehamilan trimester ketiga biasanya renang bisa dilakukan lebih bebas dan nyaman. Artinya wanita hamil bisa mencoba berenang dengan gaya apapun yang dirasa paling nyaman. Disarankan untuk memakai baju renang khusus ibu hamil untuk menahan perut yang membesar.

Cukup banyak manfaat berenang saat hamil tua terutama untuk kesehatan janin dalam kandungan dan wanita hamil itu sendiri. Nah, mulai sekarang jangan takut berenang ya, meskipun sedang hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jual Obat Aborsi Tuntas © 2017