Jual Obat Aborsi Tuntas

Obat Aborsi Tuntas

Cara Pasti Mengatasi Mens yang Berubah-ubah

Cara Mengatasi Mens yang Berubah-ubah – Siklus menstruasi tidak teratur atau mens yang berubah-ubah hanya bisa diatasi jika faktor penyebabnya sudah diketahui. Dikatakan berubah-ubah artinya mens datang terlambat atau justru lebih cepat. Bahkan tak jarang ada wanita yang mengalami siklus menstruasi hingga 3 kali dalam 1 bulan, sebaliknya ada juga yang terlewat hingga beberapa bulan.

Cara Mengatasi Mens Yang Berubah-ubah

Normalnya, siklus mens terjadi dalam rentang 21 hingga 35 hari. Jadi bisa disimpulkan, mens berubah-ubah jika terjadi kurang dari 21 hari atau justru lebih dari 35 hari. Frekuensi haid yang berubah setiap bulannya juga mengindikasikan siklus haid yang tidak teratur. Hal ini biasanya ditandai dengan volume darah menstruasi yang lebih sedikit atau lebih banyak.

Siklus mens yang berubah-ubah sebenarnya kondisi yang wajar terjadi pada wanita. Namun tetap harus diwaspadai jika pada bulan kedua dan seterusnya masih terjadi hal yang sama.

Lalau bagaimana cara mengatasi mens yang berubah-ubah? Apa saja faktor penyebabnya?

Penyebab Siklus Menstruasi Berubah-ubah

Mens yang berubah-ubah biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Stress atau Tekanan Psikologis

Dari dulu sampai sekarang stress atau depresi sering dituding menjadi biang keladi kasus menstruasi tidak teratur. Ketika wanita mengalami stress atau tekanan psikologis maka kinerja otak yang mengatur produksi hormon menstruasi turut terganggu. Hal inilah yang menggiring wanita pada kondisi siklus menstruasi yang tidak lancar.

  • Berat Badan Berubah Signifikan

Perubahan berat badan secara drastis juga turut ambil bagian pada kasus mens yang berubah-ubah. Perubahan yang dimaksud termasuk penurunan berat badan atau kenaikan berat badan yang tidak normal (obesitas). Perubahan ekstrim ini akan mempengaruhi produksi hormon yang berujung terganggunya siklus menstruasi.

  • Hormon Prolaktin Diatas Normal

Seorang ibu menyusui biasanya memilik kadar hormon prolaktin yang sangat tinggi. Hal ini juga berdampak pada siklus mens yang berubah-ubah. Wanita dengan produksi prolaktin yang tidak normal juga berpotensi mengalami hal yang sama.

  • Efek Alat Kontrasepsi

Banyak wanita menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Umumnya yang dipilih adalah suntik KB dan pil KB. Pada sebagian kasus, kedua alat kontrasepsi tersebut mempengaruhi kondisi hormonal dalam tubuh. Risikonya tentu saja siklus menstruasi menjadi tidak normal.

  • Masalah Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS terjadi karena hormon yang memproduksi folikel pada tahap awal pembentukan sel telur jumlahnya sangat tinggi. Hal ini menyebabkan jumlah folikel meningkat tajam namun kondisinya belum matang sehingga mengakibatkan terganggunya ovulasi. Itulah mengapa masalah PCOS sering dibarengi dengan siklus mens yang berubah-ubah.

  • Penyakit Diabates dan Gangguan Kelenjar Tiroid

Penyakit kronis berkepanjangan juga disebut-sebut sebagai penyebab haid tidak teratur. Misalnya penyakit diabetes. Diabetes merupakan kondisi dimana kadar gula darah dalam tubuh tidak stabil. Kondisi ini turut mempengaruhi sistem hormonal dalam tubuh termasuk hormon menstruasi.

Selain diabetes, gangguan kelenjar tiroid disinyalir juga memicu siklus menstruasi yang berubah-ubah. Kabar bagusnya, siklus haid bisa kembali normal jika gangguan kelenjar tiroid ini segera diobati.

Cara Efektif Mengatasi Mens Berubah-ubah

Mau tak mau siklus mens yang berubah-ubah sering membuat wanita merasa was-was, meski pada umumnya kasus ini tidak selalu membutuhkan penanganan medis.

Untuk itu cara mengatasi menstruasi yang berubah-ubah harus diawali dengan beberapa hal penting yaitu: menghindari stress, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup, olahraga secara teratur, dan menjaga berat badan ideal. Jika sumber permasalahan terjadi karena alat kontrasepsi, sebaiknya segera ganti alat kontrasepsi yang tepat sesuai anjuran dokter.

Sebenarnya cara mengatasi mens yang berubah-ubah tidak begitu sulit. Namun yang harus diingat, jika mens terjadi lebih dari 8 hari disertai nyeri perut bagian bawah yang parah disarankan segera berkonsultasi dengan dokter obat penggugur kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jual Obat Aborsi Tuntas © 2017