Jual Obat Aborsi Tuntas

Obat Aborsi Tuntas

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur? Apa Solusinya?

Normalnya setiap wanita subur mengalami siklus menstruasi dengan jarak waktu 28 hari. Namun begitu, ada juga yang lebih lambat atau justru lebih cepat. Secara matematis, dalam setahun akan terjadi 11-13 kali menstruasi pada wanita. Tapi ada juga sebagian wanita yang mengalami menstruasi kurang dari 11 kali dalam setahun atau bahkan lebih dari 13 kali. Nah, ketidakpastian siklus menstruasi inilah yang disebut menstruasi tidak teratur.

penyebab menstruasi tidak teratur

Disebut menstruasi tidak teratur bukan hanya masalah menstruasi datangnya terlambat atau lebih cepat, namun juga saat wanita tidak mendapatkan menstruasi sama sekali, padahal ia tidak sedang dalam kondisi hamil. Lantas apa saja penyebab menstruasi tidak teratur ini?

  • Stress

Terjadi penurunan hormon gonadotropin-releasing hormone agonist (GnRH) dalam tubuh saat wanita mengalami stress. Kondisi stress ini dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Stress berhubungan dengan kondisi psikis. Oleh karena itu jika stress sudah sedemikian parah, sebaiknya berkonsultasi ke ahli psikologi. Tidak ada seorangpun yang tidak pernah mengalami stress. Tinggal bagaimana upaya kita untuk me-manage-nya sehingga tidak berpengaruh buruk pada kondisi fisik.

  • Kurang Konsumsi Makanan Sehat

Sering mengonsumsi makanan tidak sehat membuat kita mudah sakit. Kondisi yang sering sakit-sakitan ini juga menjadi salah satu penyebab menstruasi tidak teratur pada remaja. Biasanya siklus haid akan kembali normal begitu sembuh dari sakit. Namun jika dalam kondisi sehat menstruasi masih tidak normal, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Mungkin ada penyebab serius lainnya yang perlu segera ditangani.

  • Perubahan Jam Aktivitas

Jam-jam aktivitas yang sering berubah-ubah juga dapat memicu haid tidak lancar. Contohnya hari ini kerja shift siang, besoknya shift malam, besoknya lagi shift pagi. Jam kerja yang tidak menentu akan mereduksi waktu tidur atau istirahat. Ingat, penyebab haid menjadi kacau salah satunya karena tidur yang tidak berkualitas. Satu-satunya solusi kita harus memiliki pekerjaan dengan jam kerja yang pasti atau tidak berubah-ubah.

  • Obat-obatan

Obat-obatan memang sifatnya menyembuhkan namun ada sederet efek yang ditimbulkan. Salah satunya menyebabkan menstruasi tidak teratur. Singkatnya, obat yang dikonsumsi atau metode pengobatan yang dijalani dapat mengacaukan siklus menstruasi. Untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter jika ingin minum obat tertentu. Tanyakan apa saja efek sampingnya dan pengaruhnya terkait menstruasi dan kesuburan.

  • Banyak Makan Cemilan

Cemilan terutama gorengan atau makanan ringan yang banyak mengandung lemak adalah ‘sampah’ yang berbahaya bagi tubuh. Terlalu banyak makan cemilan atau jenis makanan junk food bisa membuat berat badan meningkat yang berisiko pada obesitas. Kondisi ini juga menjadi penyebab menstruasi tidak teratur sebelum menikah. Ketika berat badan naik maka hormon dalam tubuh akan mengacaukan siklus menstruasi bahkan mungkin menghentikannya.

Untuk mengembalikan siklus menstruasi menjadi normal sebaiknya mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat. Sebenarnya cemilan dan junk food tidak hanya mempengaruhi siklus haid namun juga tidak baik untuk kesehatan jantung dan liver.

  • Kurang Olahraga

Kurang olahraga menyebabkan badan tidak sehat. Kadang terlalu gemuk atau sebaliknya terlalu kurus. Berat badan yang tidak ideal juga memicu menstruasi yang tidak teratur. Tidak hanya terlambat atau lebih cepat, namun kondisi yang disebut amenorrhea ini bisa menghentikan menstruasi secara total.

Mungkin masih ada banyak penyebab menstruasi tidak teratur setelah melahirkan selain yang kita bahas diatas. Terlepas dari itu, menstruasi yang tidak teratur sebenarnya bukan kondisi yang perlu dikhawatirkan. Namun yang perlu diwaspadai jika menstruasi tidak kunjung kembali ke siklus yang normal. Jika menstruasi tidak teratur terjadi berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, biasanya akan mempengaruhi kesuburan. Untuk itu jangan ambil resiko. Segera konsultasi ke dokter obat aborsi untuk mendapatkan solusi terbaik.

Incoming search terms:

  • https://jualobattuntas com/kehamilan/penyebab-menstruasi-tidak-teratur
  • kenapa haid setelah melahirkan tidak tuntas tuntas?
  • penyebab haid tidak teratur tanggalnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jual Obat Aborsi Tuntas © 2017